My Tuner–Aplikasi Untuk Mendengarkan Radio

27 Maret 2020

Game Level #12: KKeluarga Multimedia
Hari #9

PhotoGrid_1585239377078

Selamat datang hari kesembilan. Hari ini Danda akan membagikan aplikasi kesukaan Danda lainnya, My Tuner (Free). Iya, ada kata “Free”-nya.

Awalnya setelah melahirkan Alm, Kei Nii-chan, Danda gabut. Cuti melahirkan tapi gak ngurus bayi. Pengin deh dengerin radio. Kemudian Danda membuka aplikasi radio bawaan ponsel. Ulala, harus pakai earphone untuk mendengarkan, sedang Danda tidak ingin memakai earphone. Tahulah, ibu baru melahirkan, hormonnya naik turun kayak jet coaster. Maunya aneh-aneh.

Akhirnya Danda mencari rekomendasi aplikasi radio tanpa earphone terbaik, dapatlah aplikasi ini. Jadi, dengan aplikasi ini kita bisa mendengarkan radio dari seluruh dunia. Tinggal ganti saja bendera negaranya, langsung ditampilkan radio-radio terkenal di negara itu.

Di aplikasi ini Danda juga bisa mendengarkan podcast. Favorit Danda adalah ceramah UAS dan BBC Learning English. Ada juga pemutar musik di sini. Tapi danda tidak pernah menggunakannya, hanya radio dan podcastnya saja.

PicsArt_03-26-10.52.34

Oke, itu aplikasi untuk hari ini, sampai jumpa besok, ya. InsyaAllah. ^_^

PicsArt_03-26-11.15.43

#Hari9
#GameLevel12
#Tantangan10Hari
#KeluargaMultimedia
#KelasBundaSayang
#14hariantimatigaya
#diamdirumah
#ibulawancorona
#InstitutIbuProfesional


Tick Tick–To Do List

26 Maret 2020

Game Level #12: Keluarga Multimedia
Hari #8

PhotoGrid_1585151340128

Masuk hari kedelapan. Danda akan membagikan aplikasi andalan Danda lainnya, Tick Tick, aplikasi to do list. Anyway, aplikasi andalan Danda banyak sekali, ya? Huehehe.

Aplikasi ini Danda pasang ketika masih menjalani perkuliahan di kelas Matrikulasi IIP. Saat itu kami diajarkan untuk mengatur waktu dan membaginya menjadi 4 kuadran waktu. Di sinilah aplikasi ini membantu.

Di aplikasi ini to-do-list bisa dibagi menjadi 3 warna, merah, kuning, dan biru. To-do-list berwarna merah adalah prioritas 1, kuning prioritas 2, dan biru prioritas 3. Jadi yang merah pasti ada di paling atas. Lalu kemana to-do-list di kuadran 4? Kuadran 4 kan isinya to-do-list yang tidak penting dan tidak genting, jadi tidak usah ditulis di sini, hehehe.

Aplikasi ini gratis, tapi jika ingin mendapatkan fasilitas lebih, kita bisa bayar. Danda masih menggunakan versi gratisannya, kok. Hehe.

PicsArt_03-25-10.47.21

Sukanya lagi, aplikasi ini ada kunci bawaannya, berupa pola. Jadi kalau ada to-do-list yang sifatnya rahasia, orang lain tidak bisa dengan mudah melihatnya. Yah, misalkan artis gitu yang jadwalnya padat. Hahaha.

Demikian aplikasi hari ini. Sampai jumpa besok, ya. InsyaAllah. ^_^

PicsArt_03-25-10.48.14

#Hari8
#GameLevel12
#Tantangan10Hari
#KeluargaMultimedia
#KelasBundaSayang
#14hariantimatigaya
#diamdirumah
#ibulawancorona
#InstitutIbuProfesional


Kalender Saya–Aplikasi Khusus Perempuan

25 Maret 2020

Game Level #12: Keluarga Multimedia
Hari #7

PhotoGrid_1585062643333

Selamat datang hari ketujuh. Hari ini Danda ingin membagikan aplikasi khusus perempuan yang sudah membantu Danda menjawab pertanyaan dari dokter atau mengingat berapa utang puasa Danda, hehe.

Aplikasi ini bernama Kalender Menstruasi, namun entah kenapa, di ikon akan muncul tulisan “Kalender Saya”. Kita bisa menyimpan data awal dan akhir haid kita, menentukan kapan masa subur dan kapan masa aman. Selama ini, aplikasi ini membantu Danda dalam banyak hal, antara lain:

1. Membantu Danda dalam konsepsi. Kehamilan kedua Danda (yang akhirnya gugur), dan kehamilan ketiga (alm. Kei Nii-chan) sebenarnya juga hasil mengepaskan waktu melalui aplikasi ini, hehe.

2. Membantu Danda dalam menjawab pertanyaan dokter. Saat periksa rutin (nonhamil) ke dokter kandungan, atau pas masa-masa hamil awal, Danda akan ditanya kapan hari pertama haid terakhir, lalu haid bulan sebelumnya, dua bulan sebelumnya, dan seterusnya. Danda ingat? tentu tidak. Karenanya Danda mengintip aplikasi ini.

3. Membantu Danda mengingat berapa banyak utang puasa Ramadan yang harus dibayar. Jujur saja, Danda sering lupa berapa utang Ramadan Danda, apalagi jika tak langsung dibayar. Apakah 6 hari? 7 hari? 8 hari? Duh. Lihat aplikasi sajalah.

4. Alat kontrasepsi. Memang perlu pengetahuan biologi dan matematika dulu sebelum menjadikan kalender sebagai alat kontrasepsi. Tapi, di aplikasi ini kita dibantu menghitung kapan masa subur, sedang, dan kecil bisa hamil. Tinggal sesuaikan saja. Memang tidak 100% akurat, tapi paling tidak, bisa membantu.

Aplikasi ini juga bisa disetting “hamil” jika kite sedang hamil. Dia mengingatkan kapan HPL kita dan kapan harus periksa ke dokter. Suasanya hati kita juga bisa dicatat di sini. Tapi Danda tidak sesentimental itu sampai nulis buku harian di aplikasi kalender menstruasi, hahaha.

PicsArt_03-25-06.25.06

Ada banyak aplikasi yang mendukung perempuan seperti aplikasi ini. Danda hanya membagikan yang Danda suka saja. Jika menemukan aplikasi lain yang serupa, silakan dibagikan, ya. ^_^

Sampai jumpa besok, insyaAllah. ^_^

PhotoGrid_1585062478885-01

#Hari7
#GameLevel12
#Tantangan10Hari
#KeluargaMultimedia
#KelasBundaSayang
#14hariantimatigaya
#diamdirumah
#ibulawancorona
#InstitutIbuProfesional


Evernote, Aplikasi Pencatat Premium Gratis

24 Maret 2020

Game Level #12: Keluarga Multimedia
Hari #6

PhotoGrid_1584848198893

Di hari keenam ini Danda ingin membagikan aplikasi andalan Danda jika Danda ingin membuat catatan lengkap dengan gambar, video, dan lain-lain, semacam di Ms Word. Evernote.

Simbolnya gajah. Danda langsung teringat pepatah “gajah selalu ingat” jika melihat aplikasi ini. Mungkin karena evernote dibuat untuk mengingat semuanya, kali, ya?

Ini aplikasi all in one menurut Danda. Ada fitur pencatat, checklist, reminder alias pengingat, alarm, dan lain-lain. Aplikasinya pun dikunci otomatis jadi kita tak perlu khawatir mencatat hal apapun di sini. Danda sering mencatat naskah novel Danda di aplikasi ini, karena Danda tak selalu bawa laptop.

Untuk versi gratisannya, 1 akun evernote hanya bisa dipasang di 2 gawai. Untuk versi berbayar, bisa lebih dari 2 gawai. Evernote juga bisa dipasang di laptop berbasis windows.

Jadi, Danda menulis di ponsel, kemudian akan tersinkronisasi dengan evernote di laptop. Jadi jika ingini melanjutkan menulis, bisa dilakukan di laptop.

Evernote juga memungkinkan untuk satu naskah ditulis beberapa akun berbeda. Tinggal share saja izinnya. Jadi misal kita ada proyek bersama teman, bisa saja disimpan di evernote. Jadi bisa diedit bersama-sama. Oh ya, satu lagi, evernote bisa dilekatkan di ponsel. Semacam widget, sehingga tak perlu membuka aplikasinya dulu untuk bisa menggunakannya. Cukup buka di widgetnya.

PicsArt_03-20-06.53.48

Demikian ulasan Danda tentang aplikasi hari ini. Sampai jumpa besok, ya. InsyaAllah. ^_^

Screenshot_20200320-064817-01

#Hari6
#GameLevel12
#Tantangan10Hari
#KeluargaMultimedia
#KelasBundaSayang
#14hariantimatigaya
#diamdirumah
#ibulawancorona
#InstitutIbuProfesional


Zenius, Aplikasi untuk Anak Belajar di Rumah

23 Maret 2020

Game Level #12: Keluarga Multimedia
Hari #5

PhotoGrid_1584714232984

Selamat datang hari kelima. Hari ini Danda ingin membagikan aplikasi yang baru Danda unduh sekitar 3 hari yang lalu. Zenius.

Sekarang kan sedang musim belajar di rumah, nih. Alhamdulillah, aplikasi-aplikasi yang mendukung anak belajar di rumah kok ya dikasih gratis. Danda sudah mengunduh Ruang Guru untuk Abang Zi, kemudian Danda diberi informasi tentang aplikasi ini. Segera saja Danda mengunduh aplikasi ini.

Menurut Abang Zi, penjelasan di aplikasi Zenius lebih menyenangkan ketimbang di Ruang Guru. Pengajarnya menyebut diri dengan “profesor” atau “prof” dan si prof ini tak terlihat. Hanya layar dicorat-coret yang terlihat, jadi seperti di dalam kelas, kata Abang Zi. Mungkin karena di kelas mereka fokus ke papan tulis alih-alih bunda guru, kali, ya?

Kalau tugas dari bunda guru belum dibagikan dan Abang Zi mulai gabut, Danda mengizinkan Abang Zi membuka tablet untuk menonton video di Ruang Guru atau Zenius ini. Tapi Abang Zi lebih sering menonton video dari Zenius. Lebih suka, katanya.

Danda sih lebih suka aplikasi Zenius, karena pendaftarannya lebih mudah. Danda tinggal memasukkan alamat surel dan memilih peran sebagai orang tua (ada peran sebagai murid, orang tua, dan guru). Kontrol pun ada di tangan Danda walau Abang Zi yang menggunakannya. Dan satu lagi, aplikasi ini gratis. Hehehe.

PicsArt_03-20-09.22.42

Demikian aplikasi hari ini. Aplikasi yang benar-benar baru Danda kenal 3 hari yang lalu, yang membantu Abang Zi keluar dari zona “gabut” dalam belajar dari rumah ini. Sampai jumpa besok dengan aplikasi lainnya, ya. InsyaAllah ^_^

Screenshot_20200320-211223-01

#Hari5
#GameLevel12
#Tantangan10Hari
#KeluargaMultimedia
#KelasBundaSayang
#14hariantimatigaya
#diamdirumah
#ibulawancorona
#InstitutIbuProfesional


JAKI–Jakarta Kini

22 Maret 2020

Game Level #12: Keluarga Multimedia
Hari #4

PhotoGrid_1584713920400

Halo, ini hari keempat. Hari ini Danda ingin membagikan aplikasi yang menurut Danda wajib dimiliki oleh warga DKI Jakarta, JAKI – Jakarta Kini.

Aplikasi ini dikenalkan oleh akun IG resmi @dkijakarta dan @aniesbaswedan makanya Danda yakin kalau aplikasi ini beneran alias bukan abal-abal, hehe. Isi aplikasi ini adalah informasi tentang Jakaarta hari ini. Misalkan potensi hujan, potensi banjir, angin kencang, dan lain-lain.

Jika memang ada info yang harus diperhatikan oleh warga Jakarta, kita akan dapat notifikasi yang bisa kita baca. Misalnya tadi pagi saat hujan deras, Danda mendapatkan notifikasi untuk berhati-hati karena curah hujan yang tinggi dan potensi angin kencang. Di situ juga diinfokan tentang tinggi air di pintu air serta status siaga.

Jadi, buat ibu-ibu yang tinggal di DKI Jakarta, Danda sarankan untuk memasang aplikasi ini di ponsel masing-masing, ya.

PicsArt_03-22-10.34.58

Oke, itulah satu aplikasi satu hari yang Danda bagikan untuk hari ini. Sampai jumpa besok dengan aplikasi yang lain, ya. InsyaAllah ^_^

Screenshot_20200322-095430-01

#Hari4
#GameLevel12
#Tantangan10Hari
#KeluargaMultimedia
#KelasBundaSayang
#14hariantimatigaya
#diamdirumah
#ibulawancorona
#InstitutIbuProfesional


Money Lover, to Who Loves Money :D

21 Maret 2020

Game Level #12: Keluarga Multimedia
Hari #3

PhotoGrid_1584662124447

Selamat datang hari ketiga. Hari ini Danda akan membagikan aplikasi yang Danda sukai. Aplikasi yang selalu Danda akses setiap malam sebelum tidur. Kalau belum selesai dengan aplikasi ini, tidur Danda tak akan tenang (ini bukan lebay, cyin…).

Aplikasi ini bernama “Money Lover”, aplikasi buat yang suka uang, hahaha. Nope, ini adalah aplikasi manajer keuangan. Menurut Danda, aplikasi ini adalah aplikasi yang paling mudah digunakan, user friendly, gitu.

Aplikasi ini gratis, tapi jika ingin menggunakan fasilitas lebih, bisa bayar juga. Tidak mahal kok, waktu itu Danda beli aplikasi ini harganya tak sampai 100 ribu, sekali saja bayarnya. Tapi jika mau yang gratisan, tidak masalah juga. Danda menggunakan aplikasi ini sejak tahun 2013, baru beli yang berbayar tahun 2018, kok. ^_^

Kelebihan aplikasi ini, menurut Danda, adalah karena ada menu transfer di sini. Jadi kalau kita ambil uang di ATM, tinggal transfer dari akun rekening bank (di Money Lover) ke aku “tunai di dompet”. Nama akun ini aslinya adalah “kas”, tapi Danda mengubahnya menjadi “tunai di dompet” biar jelas. Hahaha.

“Tunai di Dompet” ini yang sering bikin Danda tidur tak tenang jika belum selesai dihitung. Hahaha.

PicsArt_03-20-09.16.46

Danda lebih mudah menyimpan atau punya tabungan setelah memakai aplikasi ini. Karena satu rekening bank bisa dijadikan 2 atau 3 akun di sini. Jadi, kalau mau pakai uang di rekening atau mau ambil duit, Danda akan melihat saldo di akun yang memang bisa dibelanjakan. Jadi tabungan aman. Hehehe.

Oke, sampai ketemu besok dengan aplikasi lainnya, ya. InsyaAllah ^_^

Screenshot_20200320-211331-01

#Hari3
#GameLevel12
#Tantangan10Hari
#KeluargaMultimedia
#KelasBundaSayang
#14hariantimatigaya
#diamdirumah
#ibulawancorona
#InstitutIbuProfesional