Perpustakaan Universitas Indonesia

Perpustakaan UI

Kali ini saya akan menulis sebuah tulisan bertema perpustakaan, dalam rangka memperingati Hari Kunjung Perpustakaan pada tanggal 14 September lalu. Memang terlambat, tetapi tak apa, lebih baik daripada tidak sama sekali.

Saya akan mengulas tentang Perpustakaan Universitas Indonesia, Depok.

Sebagai anak Salemba, saya jarang sekali berkunjung ke Perpustakaan UI di Depok ini. Tetapi bukan berarti tidak pernah. Sekali dua kali, sebelum Pandemi Covid19 melanda, saya menyempatkan diri berkunjung ke perpustakaan yang sangat besar ini.

Perpustakaan UI sangatlah besar. Di dalamnya ada sekitar satu juta lima ratus ribu buah buku. Tentu saja kebanyakan buku yang ada di sini adalah buku paket kuliah atau buku-buku referensi perkuliahan lainnya.

Suasana di dalam gedung Perpustakaan UI ini sangatlah menyenangkan. Sofa-sofa empuk bertebaran di sana. Sebelum masuk, tamu harus menunjukkan Kartu Identitas Mahasiswa UI terlebih dahulu. Jika Anda tak punya kartu mahasiswa, maka Anda harus mendaftarkan diri ke resepsionis dan menukar KTP Anda dengan kartu tamu. Kemudian Anda diwajibkan menitipkan semua barang bawaan termasuk makanan dan minuman, kecuali barang berharga dan barang elektronik. Tak usah khawatir, tersedia loker dan tas transparan untuk membawa laptop. Lalu, naik lift menuju lantai tujuan.

Perpustakaan UI juga menyediakan buku-buku daring. Buku-buku daring ini hanya bisa diakses oleh mahasiswa UI saja karena untuk membuka aksesnya harus menggunakan username dan password SSO UI. Dalam masa Pandemi Covid-19 ini, Perpustakaan UI ditutup dan tidak dapat dikunjungi. Karenanya, perpustakaan daring sangat membantu mahasiswa dalam mencari sumber referensi perkuliahan.

Secara berkala, petugas perpustakaan UI akan mengirimkan surel kepada seluruh mahasiswa jika ada buku baru yang masuk katalog. Hal tersebut sangat membantu mahasiswa sehingga mahasiswa dapat langsung mengakses buku daring itu dari situs perpustakaan.

Begitulah cerita saya tentang Perpustakaan Universitas Indonesia, Depok. Nanti setelah pandemi berakhir, saya akan mengunjungi perpustakaan itu lagi dan menikmati membaca buku di dalamnya.

#HariKunjungPerpustakaan #TantanganRBM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: