Pentingnya Aqil Baligh Secara Bersamaan

Game Level #11: Fitrah Seksualitas
Hari #9

PhotoGrid_1582897176108

Materi semalam isinya “daging” semua. Tentang pentingnya aqil baligh secara bersamaan. Beda, ya? Iya, bedan. Aqil itu kedewasaan pikiran dan emosi. Orang dibilang aqil jika sudah bisa berpikir dewasa, mendahulukan rasionalitas ketimbang perasaan pribadi. Aqil adalah kesewasaaan psikologis, emosional, rasional, sosial, dan finansial. Idealnya pada usia 15-17 tahun.

Baligh adalah kedewasaan biologis ditandai menstruasi pada anak perempuan, dan mimpi basah pada anak laki-laki. Umumnya terjadi di antara usia 10-14 tahun. Jadi, menurut Islam, dan juga dunia, manusia itu melalu masa anak-anak langsung ke dewasa, melalui proses aqil baligh ini. Fase remaja tidak dikenal oleh Islam, bahkan dunia.

Dunia pendidikan, misalnya, ada pendidikan anak dan pendidikan dewasa, tidak ada pendidikan remaja. Dalam undang-undang I juga tak satupun kata “remaja” disebutkan. Hanya anak-anak dan dewasa saja.

Suku-suku di pedalaman yang tak tersentuh budaya barat juga tak mengenak fase remaja. Agama samawi juga tak mengenalnya. Sebutlah agama Yahudi dengan upacara bar mitzvahnya, yang mengesahkan anak laki-laki menjadi dewasa dengan segala tanggung jawabnya. Dan upacara itu masih diadakan sampai sekarang.

Remaja baru dikenal di awal abad kedua puluh dan berasal dari dunia barat. Raja dan ratu Eropa sebelumnya juga tak mengenal fase remaja. Begitu sudah aqil baligh, mereka menikah, meimpin kerajaan, dan lain-lain dengan tanggung jawab kedewasaannya, di usia belasan tahun. Mereka dianggap sudah dewasa.

Untuk itu, orang tua harus TEGA dalam mendidik anak. Agar mereka tumbuh menjadi orang dewasa di waktu yang tepat dan tidak terlambat. Jika anak dihadapkan dengan masalah, biarkan mereka menghadapinya sendiri. Perhatikan dari belakang. Membiasakan anak memecahkan masalah akan mempercepat aqil mereka.

PicsArt_02-28-08.41.12

Memang berat menjadi orang tua yang TEGA. Tapi, jika kita selalu menbantu anak kita, apalagi membuat mereka terlambat aqil, kasihan sekali masa depan mereka. Kita harus TEGA agar mereka mengalami aqil yang bersamaan dengan balighnya. Semangat! ^^

PicsArt_02-28-08.43.04

#Hari9
#GameLevel11
#Tantangan10Hari
#FitrahSeksualitas
#KuliahBundaSayang
#InstitutIbuProfesional

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: