Ketika Anak Bertanya

Game Level #11: Fitrah Seksualitas
Hari #1

PhotoGrid_1582216284726

Hari pertama, game dimulai. Semalam Kelompok 10 telah membawakan materi Fitrah Seksualitas untuk subtopik: Ketika Anak Bertanya. Mereka menyajikan materi dalam bentuk pdf dan ada diskusi juga. Materi semalam berkisar tentang pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul dari anak, tentang seksualitas.

Ada banyak pertanyaan seru, misal, dari mana datangnya adik bayi? kenapa adik bayi ada di perut Bunda? kenapa nenen Bunda besar? dan lain-lain. Semua itu harus dijawab dengan lugas dan ilmiah sesuai dengan ilmu biologi dalam bahasa si kecil.

Abang Zi pernah kok bertanya sama Danda, “Kenapa Danda nggak salat?”. Dia bertanya demikian karena protes, dia harus salat dua kali di mol, sama Ayah, sedang Danda nggak salat.

Danda jawab terus terang saja, menjelaskan tentang haid. Bahwa untuk perempuan ada masa keluar darah dari vaginanya, dan itu nggak apa-apa, wajar. Sebutannya adalah haid. Selama haid, perempuan tidak boleh salat dan puasa, tapi harus mengganti puasa di lain hari.

Setelah itu, Abang Zi tidak pernah lagi protes saat Danda nyuruh dia salat tapi Danda sendiri tidak salat, hehehe.

PicsArt_02-20-11.41.32

Sebagai orang tua, kita harus terus belajar. Terutama tentang seksualitas ini. Bukan masanya lagi tabu membicarakan soal seks pada anak. Ada banyak sekali informasi yang harus disampaikan pada anak agar mereka memahami fitrah seksualitasnya. Tugas kita, sebagai orang tua, untuk mengarahkan mereka, agar mereka mendapatkan informasi dari sumber terpercaya: orang tuanya.

Semangat, Para Orang Tua! Kita belajar bersama-sama, terus belajar! ^_^

PicsArt_02-20-11.40.18

#Hari1
#GameLevel11
#Tantangan10Hari
#FitrahSeksualitas
#KuliahBundaSayang
#InstitutIbuProfesional

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: