Game Level #11: Fitrah Seksualitas

PhotoGrid_1582109163212

Ini game yang paling Danda tunggu, fitrah seksualitas. Duh, selama ini kita tabu ya ngomongin seksualitas, apalagi sama anak, big no deh. Tapi itu dulu, saat Danda nggak tahu bahwa lebih baik menyebut kelamin dengan nama sebenarnya (vagina dan penis), daripada menyebutnya dengan bebek dan burung (astaga, kesian bebek dan burungnya, apa salah mereka?).

Makin hari Danda makin memahami pendidikan seksualitas harus sejak dini diajarkan pada anak. Misalnya dengan mengajarkan mana aurat mana yang boleh dilihat. Mengajarkan malu, dengan pipis hanya di kamar mandi dengan jongkok. Mengajarkan menghormati aurat orang lain dengan ganti baju dalam kamar, dan memakai pakaian dengan baik dan benar. Pendidikan seksual semacam itu harus diajarkan sedini mungkin.

Apa sih Fitrah Seksualitas itu?

Yaitu tentang bagaimana seseorang berpikir, merasa, dan bersikap sesuai fitrahnya sebagai laki-laki sejati atau perempuan sejati (Santosa, 2017)

Membangkitkan fitrah seksualitas pada anak sangatlah penting agar mereka membangun kesadaran dan pembiasaan sedini mungkin agar tidak terjadi penyimpangan di kemudian hari, juga untuk menjaga diri, dan memahami perannya sesuai dengan fitrah seksualitasnya.

PicsArt_02-20-06.23.52_wm

Inilah tabel kedekatan anak dengan orang tua untuk membangun fitrah seksualitasnya, agar ia siap menghadapi kedewasaan tubuh dan pikirannya. Agar aqil dan balighnya datang bersamaan. Agar saat dia baligh, diiringi dengan aqilnya.

Danda salah tulis di tabel di atas, seharusnya usia 10-14 tahun adalah usia prabaligh 2, bukan usia baligh. Walau banyak anak zaman now yang balighnya datang di usia di atas. Usia 15 tahun, dewasa, artinya anak bukan cuma sudah baligh, tapi juga aqil. Yaitu mengalami kedewasaan pikiran, dan dapat mengambil keputusan dengan pemikiran matang terlebih dahulu.

PicsArt_02-20-06.28.03_wm

Di game ini, mahasiswi diajak berdiskusi selama sepuluh hari. Di mana kemudian kami harus menulis resumenya. Baiklah, untuk level ini, Danda bermain bersama teman-teman, bukan bersama Abang Zi dan Ayah. Semangat. ^_^

#GameLevel11
#Tantangan10Hari
#FitrahSeksualitas
#KuliahBundaSayang
#InstitutIbuProfesional

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: