Menghargai Milik Orang Lain

Game Level #10: Membangun Karakter Anak lewat Dongeng
Hari #8

PhotoGrid_1580421934238

Alhamdulillah, tabarakallah, sudah hari kedelapan game ini kami jalankan. InsyaAllah akan terus lanjut sampai selesai. Aamiin.

Malam ini diskusi kami tidak jauh dari dongeng yang Danda bacakan untuk Abang Zi. Untuk buku yang ini, Abang Zi spesial minta dibacakan. Mungkin karena bukunya berbahasa Inggris, sih. Jadi buku ini sudah dibaca oleh Abang Zi, namun dia minta dibacakan lagi. Katanya, pas dia baca buku ini, agak-agak tidak paham, hahaha. Wajar sih, bahasa Inggris kan bukan bahasa ibu buat Abang Zi, walau dia sudah bisa bercakap-cakap dalam bahasa Inggris dengan lancar.

Akhirnya, Danda pun membacakan kisah “Tiga Beruang” ini. Dikisahkan ada keluarga Beruang yang jalan-jalan pagi sambil menunggu sarapannya dingin. Ada punya gadis bernama Goldilocks yang bangun terlalu pagi dan jalan-jalan ke hutan. Goldilocks menemukan rumah Beruang, memasukinya, memakan bubur anak Beruang, merusak kursi anak Beruang, dan tidur di kasur anak Beruang. Saat ketahuan, Beruang marah, namun Goldilocks berhasil kabur.

Apakah perbuatan Goldilocks benar? Tidak. Goldilocks salah. Tidak seharusnya dia masuk rumah orang lain tanpa izin pemiliknya. Apalagi makan makanan di dalamnya, merusak barang milik orang lain, dan tidur di tempat tidur orang lain. Goldilocks tidak menghargai hal milik orang lain. Goldilocks adalah contoh yang buruk.

DSC_0198-02

Goldilocks tidak boleh ditiru. Kita harus menghargai milik orang lain dengan meminta izin dahulu sebelum menggunakan barang milik orang lain, atau memakan makanan orang lain. Ingat, makanan milik orang lain haram hukumnya bagi kita jika kita memakannya tanpa izin. Begitulah isi diskusi kami.

Alhamdulillah, tabarakallah. Walau sepele, Danda kembali belajar bersama Abang Zi, bahwa kita harus menghargai milik orang lain. InsyaAllah kami akan terus belajar tanpa mengganggu hal orang lain. Aamiin ^_^

PicsArt_01-31-05.09.12

#Hari8
#GameLevel10
#Level10
#Tantangan10Hari
#BunsayBatch#5
#KuliahBundaSayang
#KuliahBunsayIIP
#MariMendongeng
#GrabYourImagination
#InstitutIbuProfesional

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: