Game Level 10: Membangun Karakter Anak lewat Dongeng

Judul game level ini panjang sekali. Hahaha. Tapi seru, karena Danda harus mendongeng, sedangkan setiap hari, Danda sudah mendongeng untuk Abang Zi.

Kapan pertama Danda mendongeng buat Abang Zi? Hm… ketika usia Abang sekitar 18 bulan, mungkin ya? Cerita pertama karangan Danda untuk Abang Zi berdurasi sekitar 3 menit, bercerita tentang monyet yang tidak bisa mengupas kulit kacang kenari dan dibantu oleh gajah, dengan moral cerita, kita harus saling bantu sesama.

Cerita itu diulang lagi diulang lagi, sampai Danda sendiri hafal. Hahaha.

Sekarang, Danda tinggal membacakan berbagai buku dongeng baik cetak maupun elektronik. Dan yang paling sering diulang adalah Cerita Bada Isya yang dibelikan Ayah 7 tahun lalu.

03

(Semua gambar adalah milik Institut Ibu Profesional)

Ada banyak alasan kenapa kita harus mendongeng untuk anak. Salah satunya agar lebih mudah menanamkan nilai-nilai kehidupan yang ingin kita ajarkan. Kita ingin anak kita jadi seperti apa? sampaikan lewat dongeng. Niscaya, anak akan lebih mudah mengikuti apa yang kita mau. Tapi dengan catatan, mendongengnya diulang-ulang, ya. Jangan cuma sekali, kalau cuma sekali, ya….. si anak langsung lupa.

436787979

Gambar diambil dari sini

Dunia anak adalah dunia imajinasi. Dunia anak penuh khayalan. Imajinasi anak inilah yang mengantarkannya menjadi anak kreatif. Tugas kita adalah mendorong kreativitasnya. Mendongeng bisa jadi sarana kita membangun kreativitas anak.

Bonding orang tua dan anak juga terbangun saat mendongeng. Kalau Danda sendiri, saat mendongeng buat Abang Zi, tidak pernah satu arah. Abang Zi pasti diajak diskusi. Jadi terbentuk sebuah diskusi bisik-bisik sebelum tidur, yang ternyata sangat efektif karena otak Abang Zi di kondisi tenang, sehingga banyak sekali menyerap informasi baru.

Senang rasanya Kelas Bunda Sayang, IIP, mengajak Danda dan orang tua lain untuk tidak hanya mendongeng, namun juga mencatatnya dalam sebuah perjalanan. InsyaAllah, 15 hari tantangan akan dijalankan dengan sepenuh hati. Semangat ^_^

#GameLevel10

#Level10
#Tantangan10Hari

#BunsayBatch#5
#KuliahBundaSayang

#KuliahBunsayIIP
#MariMendongeng

#GrabYourImagination
#InstitutIbuProfesional

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: