Tangga Nada

Game Level #7: Semua Anak adalah Bintang
Hari #15

PhotoGrid_1573178561095

Buah jatuh tak jauh dari pohonnya. Pepatah berkata demikian. Kesukaan Abang Zi pun tak jauh dari kesukaan Ayah dan Danda. Misalnya, suka mencari Pokemon, atau bermain Harry Potter.

Danda mengklaim diri sebagai alumnus Ravenclaw. Abang Zi memilih Gryffindor. Ayah? Entahlah, dia cuma mengklaim dirinya sebagai Auror. ^_^

Suatu hari, Danda membeli sebuah kotak musik dari situs belanja daring yang dikirim dari negeri Tiongkok. Bayarnya kapan, dikirimnya entah kapan. Kotak musik ini menghasilkan nada “Hedwig Hymne”. Abang Zi suka sekali memutarnya.

Rupanya, cara kerja kotak musik ini menarik perhatian Abang Zi. Ia pun bertanya bagaimana kotak musik ini bekerja. Danda menjelaskan bahwa terjadi tumbukan antara besi-besi panjang dengan besi di bawahnya. Pencetusnya adalah tombol-tombol yang ada pada tabung besi yang berputar saat tuas diputar.

Abang Zi pun penasaran bagaimana besi yang berbeda panjangnya bisa menghasilkan bunyi yang berbeda nadanya. Oke, Danda pun menjelaskan tentang tangga nada. Makin panjang besinya, makin rendah nada yang dihasilkan, demikian pula sebaliknya.

Sebenarnya akan lebih mudah jika kami memiliki kulintang. Tapi nanti saja lah, episode berikutnya akan kami gunakan kulintang sebagai bahan praktik.

DSC_1807-01

Demikianlah, bintangnya Ayah dan Danda mengajak Danda diskusi malam ini. Sengaja Danda tidak menjelaskan tentang frekuensi dan amplitudo, karena selain belum saatnya, Danda juga tidak pintar fisika. Nanti, ya, Danda belajar lagi. ^_^

Sehat terus bintang Ayah dan Danda. Tetap aktif mencari tahu dan selalu penasaran. Oke. ^_^

PicsArt_11-08-09.04.08

#Hari15
#GameLevel7
#Tantangan10Hari
#semuaanakadalahbintang
#kelasbundasayang
#kelasbunsay
#institutibuprofesional

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: