Kerja Kelompok

14 September 2019

Game Level #6: Stimulasi Matematika Logis Anak
Hari #9

PhotoGrid_1568365741168

Sesuai kesepakatan, hari ini Abang Zi dan teman-temannya berkumpul sepulang sekolah untuk kerja kelompol. Bunda mengelompokkan Abang Zi bersama 4 teman lainnya untuk membuat wayang kertas, dan menciptakan alur cerita.

Abang Zi dan teman-teman berkumpul di rumah salah satu teman Abang Zi, yang bernama Z, dan suka Hello Kitty seperti Danda, hehehe. Terima kasih buat Mama Z, sudah mau direpotin, sudah mau menjaga anak-anak plus mentraktir makan bakso pula. Duh, Danda nggak enak, hehe.

Untuk game hari ini, murni didapat dari laporan pandangan mata Mama Z yang secara kronologis menceritakan kejadian lapangan di grup. (Doh, bahasanya! Wkwkwk). Alhamdulillah, Mama Z menceritakan hal-hal baik tentang anak-anak, artinya anak-anak sudah bersikap baik dalam mengerjakan tugas. Tabarakallah.

IMG-20190913-WA0035-01

Sepulang dari rumah Z, Abang Zi bercerita kalau dia senang sekali karena kerja kelompoknya berjalan dengan seru. ^_^

PhotoGrid_1568382524738

#hari9
#gamelevel6
#tantangan10hari
#ilovemath
#matharoundus
#kuliahbundasayang
#institutibuprofesional


Celengan Koin

13 September 2019

Game Level #6: Stimulasi Matematika Logis Anak
Hari #8

PhotoGrid_1568364256977

Alhamdulillah, tabarakallah. Celengan Abang Zi sudah penuh. Well, ini celengan anaknya yang penuh, emaknya yang semringah. Hahaha.

Abang Zi punya celengan dengan berbagai mata uang. Celengan 100, celengan 200, celengan 500, celengan 1000, dan celengan 2000. Kali ini, yang penuh adalah celengan 100 dan 200.

Sebenarnya wajar kalau dua celengan ini penuh duluan. Bentuknya memang kecil. Dulu waktu beli, Danda pikir pecahan 100 dan 200 ‘kan sudah jarang beredar, jadi kemungkinan akan jarang ditabung. Begitulah manusia hanya berencana. Allah berkehendak 2 celengan itu musti dipanen duluan. Hehe.

Danda: Dihitung dulu, Bang, berapa jumlah uangnya. Tumpuk sesuai nominalnya. Buat jadi seribu untuk tiap tumpukan! (Danda memberi instruksi pada Abang Zi).

Zimam: Oke. (menumpuk 5 koin 200 tiap tumpuk dan 5 koin 100 tiap tumpuk).

Danda: Loh, yang seratusan kok ditumpuk lima doank? Memangnya itu seribuan?

Zimam: Nggak apa-apa, Danda. Sengaja, kok. Kalau ditumpuk jadi seribuan nanti ketinggian. Jadi Abang Zimam tumpuk jadi lima ratusan, nanti dihitungnya per dua tumpuk.

Danda: Oh, oke. Jadi, berapa total uangnya?

Zimam: Yang 200 ini jumlahnya 9.800 rupiah, yang 100 ada 6.200 rupiah. Semuanya jadi 16.000 rupiah.

Danda: Sip, masukkan plastik nanti Danda bantu tabung di rekeningmu, ya.

Zimam: Siap.

DSC_1533-01

Yak, uang sudah pindah ke plastik, dan sekarang celengannya kosong lagi. Siap menampung uang receh yang berserakan di rumah lagi. Hehehe.

PhotoGrid_1568364294747

#hari8
#gamelevel6
#tantangan10hari
#ilovemath
#matharoundus
#kuliahbundasayang
#institutibuprofesional


Menghitung dengan Jari

12 September 2019

Game Level #6: Stimulasi Matematika Logis Anak
Hari #7

PhotoGrid_1568121156220

Abang Zi dapat PR jangka panjang dari bunda guru, yaitu menghafalkan perkalian 1 sampai perkalian 10, batasnya adalah saat Penilaian Tengah Semester (PTS). Berhubung Abang Zi ini mirip sama Danda, tak suka menghafal, maka Danda memutuskan untuk mengajarkan trik menghitung perkalian dengan jari yang Danda pelajari waktu Danda masih sekolah.

Ini bukan jarimatika, Danda juga tak tahu nama resminya apa. Berhubung Danda tak mau melampaui nama jarimatika yang dipatenkan oleh Bu Septi, Danda menyebut metode ini dengan metode “menghitung dengan jari” biasa. Tapi metode ini hanya untuk mereka yang sudah hafal perkalian 1 sampai 5, dan hanya berlaku untuk perkalian 6 sampai 9.

Danda: Abang coba hitung, berapa 6 kali 7?

Zimam: (menghitung 6 di tangan kanan, hingga didapat jempol di atas, dan 4 jari di bawah, serta menghitung 7 dengan tangan kiri, hingga didapat 2 jari di atas, 3 jari di bawah. Abang Zi lalu mengalikan jari-jari yang ditekuk, dan menjumlahkan jari-jari yang berdiri dalam bentuk puluhan. Didapat angka 42) Empat puluh dua.

Danda: Benar.

DSC_1502-01

Rumit? Tenang, yang ini Danda sertakan videonya kok. ^_^ Silakan cek di sini ya: [https://youtu.be/sAPIZJtW__A]

PhotoGrid_1568116621299

#hari7
#gamelevel6
#tantangan10hari
#ilovemath
#matharoundus
#kuliahbundasayang
#institutibuprofesional


Paper Crane

11 September 2019

Game Level #6: Stimulasi Matematika Logis Anak
Hari #6

PhotoGrid_1568116560111

Abang Zi punya PR dari gurunya. Mengerjakan matematika di buku tematik dan membuat burung tridi dari kertas origami. Burung tridi? Hahaha, iya, begitulah Abang Zi menyebut burung bangau kertas dari kertas origami itu.

“Danda, tau cara bikin burung dari origami? Yang tridi tapinya, ya. Yang sayapnya bisa digerak-gerakin gitu, gak cuma nempel.”

Dia kira Dandanya gak tahu, apa ya? Hahaha.

Akhirnya Danda pun membuat burung bangau kertas itu. Kemudian, Danda minta Abang Zi mengambil 2 lembar kertas origami lagi, dan mengajarkannya cara membuat burung bangau kertas tersebut. Atau “burung tridi”. 😀

Danda: Kunci dari origami itu adalah kerapian. Kalau kita gak rapi saat melipat, dijamin hasilnya bakalan jelek, Bang.

Zimam: (agak kesulitan dalam kerapian lipatan, mungkin karena kurang kesabaran, atau hal lain, PR buat Danda dan Ayah untuk mengamatinya lagi).

Danda mengajarkan proses pembuatan burung bangau kertas ini setahap demi setahap. “Buat persegi panjang dulu, lalu buka kembali lipatannya. Kemudian buat segitiga, dan bukan lagi. Lalu dari segitiga dalam ini, lipat lagi kertasnya dan buat segitiga yang lebih kecil.” Dan seterusnya, bahkan kami pun tak sadar kalau kami sedang mempelajari geometri. Ah, dasar matematika, selalu ada di mana-mana. Hahaha.

DSC_1512-01

Burung bangau kertas buatan Abang Zi yang berwarna jingga. Lumayan bagus juga hasilnya. ^_^

PhotoGrid_1568121085451

#hari6
#gamelevel6
#tantangan10hari
#ilovemath
#matharoundus
#kuliahbundasayang
#institutibuprofesional


Tabel Perkalian

10 September 2019

Game Level #6: Stimulasi Matematika Logis Anak
Hari #5

PhotoGrid_1568042633473

Halo, hari ini Abang Zi mengingatkan Danda tentang tugas yang diberikan bunda di kelas, menghafalkan perkalian. Kemarin sih hafalan perkaliannya sudah sampai perkalian 4. Iya, Danda tahu, perkalian tidak boleh dihafalkan, anak musti tahu dulu konsepnya. Abang Zi sudah paham konsep perkalian, saat menghitung pun dia menggunakan metode penjumlahan saat mengalikan angka. Hanya saja, waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan tugas matematika biasanya tak selama itu. jadi, hafalan perkalian tetap penting, selama anak sudah memahami konsep dasarnya.

Abang Zi sendiri yang menagih ujian perkalian 4 dan 5. Danda pun memberikannya lembar perkalian 4 dan 5 untuk dikerjakan. Dan karena malam ini adalah English Night, percakapan kami pun dalam bahasa Inggris, semampu kami. Hahaha.

Zimam: Danda, where the table of 4? I want do it. The five too.

Danda: D’you want to do times table of 4 and 5? Here the sheet!

Zimam: You ask me!

Danda: You want me to ask you? Okay, six times four equals to?

Zimam: Twenty four.

Danda: Three times four equals to?

Zimam: Twelve.

Danda: Six times five equals to?

Zimam: Thirty.

Danda melanjutkan pertanyaan tentang perkalian 4 dan 5 secara acak, Abang Zi bisa menjawab semuanya.

Danda: Good, you pass. Tomorrow will be 6, okay?

Zimam: Okay.

DSC_1500-01

Danda pun menandatangani tabel perkembangan perkalian yang dibawakan bunda wali kelas. InsyaAllah besok adalah giliran perkalian 6. Mari berhitung! ^_^

PhotoGrid_1568042580823

#hari5
#gamelevel6
#tantangan10hari
#ilovemath
#matharoundus
#kuliahbundasayang
#institutibuprofesional


Dunia Fantasi

9 September 2019

Game Level #6: Stimulasi Matematika Logis Anak
Hari #4

PhotoGrid_1567954777028

Alhamdulillah, tabarakallah, kami sekeluarga berkesempatan pergi ke Dufan (lagi) hari ini. Berangkatnya sih siang, dan tujuan utamanya adalah membeli kartu annual pass yang selalu sedang diskon. Yah, kalau pergi ke Ancol pukul dua siang, mau main apa, sih, di Dufan? Hahaha.

Tapi, setelah kami masuk, ternyata Dufan tidak seramai biasanya. Antrean tak semengular biasanya juga. Ada wahana baru di Dunia Kartun, Baling-baling namanya. Ketika kami ingin menaikinya, ternyata wahana ini untuk tinggi minimal 145cm. Yah, Abang Zi belum bisa naik, deh.

Ayah: Wah, ini untuk yang tingginya 145 cm, Bang.

Danda: Tinggi Abang sekarang 132 cm, kan? Berarti kurang 13 cm lagi baru bisa naik Baling-baling.

Zimam: Iya, berarti Abang Zimam harus berjuang lagi. (sambil mengepalkan tangan tanda semangat).

Ayah: Ya sudah, kita naik itu saja, Karavel.

Zimam: Oke.

Kami berjalan menuju wahana Karavel, yang syarat tinggi minimalnya adalah 100 cm saja. ^_^

DSC_1491-01

Iya, Abang Zi kecewa karena tingginya belum sampai untuk bisa naik wahana Baling-baling, tapi Ayah dan Danda bangga, karena Abang Zi bisa mengubah kekecewaan itu menjadi motivasi “makan yang banyak, biar lekas 145 cm dan naik wahana Baling-baling!” ^_^

PhotoGrid_1567954870083

#hari4
#gamelevel6
#tantangan10hari
#ilovemath
#matharoundus
#kuliahbundasayang
#institutibuprofesional


Latihan Futsal

8 September 2019

Game Level #6: Stimulasi Matematika Logis Anak
Hari #3

PhotoGrid_1567896063552

Hari ini Danda harus keluar rumah pagi-pagi sekali untuk ikut tes TPA di Gedung Bappenas. Karenanya, untuk pergi latihan futsal, Ayahlah yang mengantar dan menjemput. Sepulang dari tes TPA, Danda langsung ke Mal Ambasador untuk acara pembubaran kepanitian WOKE 2019. Danda baru bisa bertemu Abang zi sepulang dari Mal Ambasador.

Danda: Tadi latihan futsal, Bang? (sambil memberi sebungkus puding sutra rasa bubblegum kesukaan Abang Zi)

Zimam: Iya. Tadi mata Abang Zimam cedera kena bola.

Danda: Waduh, sekarang gimana?

Zimam: Sekarang sih gak papa.

Danda: Kok bisa Abang diajak ikut futsal?

Zimam: Kata Pak B karena Abang Zimam jago sleding. Abang Zimam di bek.

Danda: Wah, menjaga supaya bola gak masuk gawang, ya?

Zimam: Iya (bersemangat cerita tentang suasana latihan futsal tadi)

Danda: Satu tim futsal ada berapa orang, Bang?

Zimam: Enam. Enam yang main, dua cadangan. Jadinya delapan.

Danda: Hoo…

Zimam: Oh iya, seragamnya harganya 170.000, Danda. Nanti bayarnya kalo seragamnya sudah jadi.

Danda: Wah, itu sih urusan Ayah. (melipir, hihi)

DSC_1490-01

Semangat latihan futsalnya, Abang Zi! Semangat berlomba mewakili sekolah, nanti. Jangan lupa hitung semuanya, yaaaa. ^_^

PhotoGrid_1567895996249

#hari3
#gamelevel6
#tantangan10hari
#ilovemath
#matharoundus
#kuliahbundasayang
#institutibuprofesional