Dongeng Sebelum Tidur

Game Level #6: Stimulasi Matematika Logis Anak
Hari #10

PhotoGrid_1568477268470

Yeay, sudah masuk hari kesepuluh. ^_^

Karena ini akhir pekan, tentu saja kami menghabiskannya di luar rumah. Kebanyakan sih kami mencari pokemon, satu-satunya permainan gawai yang bisa kami mainkan bertiga. Keliling kota bertiga sambil sesekali berhenti dengan aman di tepi jalan karena ada Raid Battle yang bisa dimainkan. Hehehe.

Karena pokemon ini, Abang Zi bisa menghitung dengan cepat, loh. Dia bisa memperkirakan berapa IV dari sebuah pokemon hanya dengan melihat CP dan HP-nya saja. Jangan tanya Danda, karena Danda tak paham, hahaha.

Seharian bermain pokemon, Danda menawarkan membacakan buku buat Abang Zi. Sudah lama Abang Zi tidak minta dibacakan buku. Dia minta Danda membaca dua cerita di buku Dongeng Membentuk Akhlak Mulia. Biidznillah kisah kedua cerita itu mengandung matematika. ^_^

Cerita pertama, tentang seorang pemuda yang punya semangka raksasa. Banyak orang menawar untuk membeli semangkanya, mulai dari 2 keping emas, 3, 5, bahkan 20. Tapi dia menolak semuanya karena berharap ditawar dengan harga yang lebih tinggi. Sampai akhirnya semangkanya busuk dan dia tak dapat apa-apa karena keserakahannya.

Cerita kedua, tentang seorang pemuda yang diminta ibunya mengambil air di sungai. Ibunya berkata agar si pemuda mengambil 2 gentong air saja. Tapi si pemuda memaksa membawa 4 gentong air. Akhirnya dia kelelahan dan seluruh air di gentongnya habis, ada yang dibuang karena terlalu berat, ada yang diminum, ada yang memang jatuh. Itu terjadi akibat dia tak mendengarkan kata-kata ibunya.

DSC_1536-01

Selama bercerita, Danda mengajak Abang Zi ikut memberi tanggapan. Hm, ikut menghitung, tepatnya, hehe.

PhotoGrid_1568477213138

#hari10
#gamelevel6
#tantangan10hari
#ilovemath
#matharoundus
#kuliahbundasayang
#institutibuprofesional

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: