Merimbunkan Pohon Literasi

Game Level #5: Menstimulasi Anak Suka Membaca
Hari #1

PhotoGrid_1565270143357

Selamat datang di Game Level #5 Kelas Bunda Sayang, Tantangan 10 Hari Menstimulasi Anak Suka Membaca.

Seperti yang Danda singgung di Preambule, fokus Ayah dan Danda pada game kali ini bukan hanya agar Abang Zi suka membaca (apalagi alhamdulillah, Abang Zi sudah suka membaca), melainkan juga agar dia suka menulis. Abang Zi belum pandai menulis, maksudnya, belum jago menuangkan idenya. Danda melihatm game kali ini bisa jadi kesempatan untuk Abang Zi meningkatkan keterampilan menulisnya.

Kemarin, kami telah “menanam” pohon literasi. Pohon literasi ini nantinya akan dibuat rimbun dengan daun-daun bertuliskan judul buku, judul bacaan, atau inti bacaan yang kami baca hari ini. Makin banyak kami membaca, makin rimbun pohonnya.

Ayah dan Danda pun membuat tantangan untuk keluarga. Barang siapa yang daunnya paling banyak menempel di pohon literasi, dia akan dapat hadiah di akhir periode game.

Bisa diduga, Abang Zi yang penggemar hadiah menjadi antusias.

Namun, untuk menuliskan judul/tema pada daun, sebelumnya kami harus menuliskan inti cerita pada Buku Literasi. Jumlah daun yang bisa ditulis didapat berdasarkan jumlah inti cerita yang ditulis. Tujuannya, supaya Abang Zi jadi menulis cerita. hehe.

PhotoGrid_1565303808875

Hari pertama adalah bonus. Abang Zi hanya menulis 1 inti cerita, tapi menempelkan 5 helai daun, hahaha. Tapi besok dan seterusnya, Abang Zi harus mengikuti aturan, daun yang ditempel harus berdasarkan jumlah cerita yang ditulis.

DSC_1260-01

Di hari pertama, Ayah menempelkan 1 helai daun (kuning), Danda menempelkan 2 helai daun (merah muda), dan Abang Zi menempelkan 5 helain daun (hijau). Kami sepakat tidak membuat target bacaan karena pada dasarnya kami memang suka membaca. Memasang target hanya membuat keluarga kami tidak menikmati bacaan yang ada.

Semangat Merimbunkan Pohon Literasi! ^_^

#hari1
#gamelevel5
#tantangan10hari
#pohonliterasi
#kuliahbundasayang
#institutibuprofesional

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: