Time Capsule

Game Level 1: Tantangan 10 Hari Komunikasi Produktif
Hari #14

photogrid_1554832664894

Tema: Komunikasi dengan diri sendiri.

Partner Family Forum: Yeptirani Hasanah Syari.

Topik: Time Capsule.

Behind the Scene:

Danda beberes laci meja kerja di kantor. Di situ ada sebuah kertas yang dibungkus plastik bening yang sepertinya sudah lama tak dibuka. Di luarnya ada sebuah kerta post it kuning dengan tulisan: “Jangan dibuka sebelum tahun 2018”. Sekarang sudah 2019, maka itu Danda membukanya.

Misi: Membawa energi positif ke dalam diri, hingga berefek pada tahun-tahun yang akan datang.

dsc_0665-01

~~~

Ternyata kertas tersebut adalah sebuah time capsule yang Danda buat di tahun 2016. Judul tulisan itu adalah “Apa yang akan terjadi pada Yeyep 2 tahun yang akan datang”. Ada banyak poin, namun, satu poin yang menarik perhatian Danda adalah tulisan “Ayah promosi kasi di kantor pusat.”

Danda langsung teringat tahun lalu, 2018, setahun setelah Ayah lulus pascasarjana dan telah mengikuti serangkaian tes hingga berstatus “ready now” untuk jadi kepala seksi. Kami berharap, dan tak punya impian Ayah diangkat di kantor pusat. Kami berharap kami pindah ke daerah. Ternyata Ayah dipromosi di kantor pusat, suatu pencapaian tersendiri untuk seorang pelaksana. Saat itu kami sedih, namun menerima hal itu sebagai takdir dari Allah (merujuk ke sesuatu yang tak kita minta namun terjadi pada kita).

Setelah membaca kertas tadi, Danda merasa malu. Penempatan Ayah di kantor pusat bukan semata-mata takdir Allah. Itu Danda yang minta, dan Allah mengabulkannya. Dan Danda sekali lagi terkagum pada kemisterian Penguasa Alam Semesta ini. Allah tahu apa yang terbaik, dan dari sekian banyak impian di time capsule tersebut, Allah mengabulkan beberapa yang baik untuk kami.

Hubungannya dengan komunikasi produktif, sebuah time capsule adalah bukti bahwa sikap positif kita hari ini, berpengaruh pada apa yang akan terjadi pada diri kita beberapa tahun yang akan datang. Karena itu, atur kosakata kita, pilih kata-kata yang membawa energi positif, dan mencerminkan kebaikan dalam diri kita.

Danda membuat satu time capsule baru yang berisi kejadian yang akan terjadi pada tahun 2021. Ingatkan Danda untuk membuka time capsule ini bersama-sama, di tahun 2022, ya. InsyaAllah.

~~~

Hasil: Hati-hati dalam berkata, bahkan dalam bermimpi. Kita tak kan tahu, mana impian yang dikabulkan Allah.

#hari14
#gamelevel1
#komunikasiproduktif
#kuliahbundasayang
@institut.ibu.profesional

3 Responses to Time Capsule

  1. zunif berkata:

    Luar biasa kak kisah nya, sangat inspiratif dan menambah wawasan bagi saya🙂

  2. Ibun berkata:

    Wahh time capsule ya mba..perlu dicobaa juga kayaknya menarik, mencoba afirmasi positif dan memvisualisasikan..😃time capsule nya disimpan dimana mba..jangkanya berapa tahun biasanya mba..

  3. Yeptirani berkata:

    jangka waktunya suka-suka. aku biasanya 2 tahun aja. disimpen di mana? hm.. di mana aja…. asal lupa, tapi jangan dibuangn hahaha

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: