NHW#8 MISI HIDUP DAN PRODUKTIVITAS

KUADRAN AKTIVITAS

Setelah di materi NHW#7 kita belajar tentang bagaimana pentingnya menemukan misi hidup untuk menunjang produktivitas keluarga, maka saat ini kita akan lebih menggali bagaimana menerapkannya secara teknis sebagai berikut:

a. Ambil salah satu dari ranah aktivitas yang sudah teman-teman tulis di kuadran SUKA dan BISA


MENULIS


b. Setelah ketemu satu hal, jawablah pertanyaan “BE DO HAVE” di bawah ini:

1. Mental seperti apa yang harus anda miliki untuk menjadi seperti yang Anda inginkan? (BE)

Untuk menjadi seorang penulis profesional, saya harus mempunyai mental pejuang dan tak kenal menyerah. Baik, saat ini mental saya masih mental pejuang deadline, namun seiring waktu, saya akan belajar untuk menyelesaikan pekerjaan sesegera mungkin selama ada waktu.

Ilmu manajemen waktu kembali harus saya pelajari jika saya ingin menjadi apa yang saya inginkan ini.

2. Apa yang harus anda lakukan untuk menjadi seperti yang Anda harapkan ? (DO)

Dalam mencapai cita-cita saya sebagai penulis profesional, saya harus konsisten menulis, konsisten membaca, konsisten membacakan cerita dongeng, konsisten berdiskusi dengan suami dan anak, untuk mengetahui apa yang mereka inginkan dari saya sehingga saya tetap di “jalur yang benar” saat menjalankan semua ini.

3. Apa yang akan anda lakukan apabila anda sudah memiliki yang Anda harapkan? (HAVE)

Apabila saya sudah menjadi penulis profesional, saya akan menulis buku-buku untuk anak-anak dan perempuan. Novel-novel yang mendidik baik anak, perempuan, maupun ibu, agar saya juga dapat berbagi ilmu saya kepada orang lain. Saya juga ingin kehidupan yang tenang dengan saya bekerja di rumah (atau di luar rumah dengan waktu singkat), sehingga anak (-anak) kami dapat terpantau tumbuh kembangnya dengan baik. Saya ingin keluarga kami tetap dilindungi dan diberkahi oleh Allah Subhanawataala, dan kami sekeluarga menjadi calon penghuni surga, menyusul anak kedua saya, alm. Kei.

c. Perhatikan 3 aspek dimensi waktu di bawah ini dan isilah

1. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu kehidupan kita (lifetime purpose)

Saya percaya, keberadaan saya di atas bumi ini membawa misi tertentu dari Allah Subhanawataala, Tuhan Yang Maha Esa. Saat ini, misi yang saya ketahui adalah misi berbagi ilmu. Keinginan terbesar saya adalah saya ingin meninggalkan dunia ini dengan nama harum yang bermanfaat bagi sekitar saya. Saya ingin berbagi ilmu jariyah yang akan terus bergulir dan menjadi bekal saya di alam kekal nanti.

Melalui tulisan, saya ingin berbagi manfaat, berbagi kebahagiaan, dan berbagi arti kehidupan yang dapat diingat dan dipraktikkan oleh orang lain, tanpa harus saya ada di samping mereka.

2. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu 5-10 tahun ke depan (strategic plan)

Dalam 5-10 tahun ke depan, saya ingin membekali diri saya agar saya bisa bekerja dari rumah (atau keluar rumah dalam waktu singkat). Saya ingin menjadi penulis profesional yang melahirkan buku-buku bermanfaat dan berbagi kebahagiaan. Saya ingin mengawasi tumbuh kembang anak (-anak) saya secara langsung, bukan dari “siaran ulang”.

3. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu satu tahun (new year resolution)

Dalam satu tahun ke depan, saya ingin melahirkan satu novel solo, lima kisah antologi yang penuh hikmah, dan 1 buku cerita anak.

Tahun depan, saya ingin bisa lolos meraih beasiswa LPDP untuk kuliah di Magister Akuntansi Universitas Indonesia, sebagai bekal saya bekerja dari rumah (dan luar rumah dalam waktu singkat/tidak tiap hari ke luar).

InsyaAllah, Allah Subhanawataala akan mengabulkan doa saya. Aamiin.

~~~

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: