NHW#7 TAHAPAN MENUJU BUNDA PRODUKTIF

Bunda dan calon bunda yang masih semangat belajar sampai NHW #7. Selamat, anda sudah melampaui tahap demi tahap belajar kita dengan sabar.
Setelah kita berusaha mengetahui diri kita lewat NHW -NHW sebelumnya, kali ini kita akan belajar mengkonfirmasi apa yang sudah kita temukan selama ini dengan tools yang dibuat oleh para ahli di bidang pemetaan bakat.
Ada banyak tools yang sudah diciptakan oleh para ahli tersebut, diantaranya dapat dilihat secara online diwww.temubakat.com http://tesbakatindonesia.com/ www.tipskarir.com dan masih banyak lagi berbagai tes bakat online maupun offline yang bisa kita pelajari.
Salah satu tools yang bisa dicoba adalah www.temubakat.com yang kebetulan kita bisa mengkonfirmasi langsung ke penciptanya yaitu Abah Rama Royani, yang sering menjadi guru tamu di komunitas Ibu Profesional.

Tulisan di atas adalah pembuka pada Nice Homework sesi 7 kali ini. Dan setelah saya mengorfimasi tes bakat saya, inilah hasilnya.

ST30 1

ST30 2

Hasil tes temubakat menunjukkan bahwa kekuatan saya ada pada menjadi pemimpin alias suka ngatur dan nyuruh-nyuruh. Well, yeah, saya memang suka ngatur 😀

Kelemahan saya ada di arranger alias turun ke lapangan untuk mengatur sesuatu. Aduh, kok sesuai banget ya. Saya cuma suka nyuruh-nyuruh tapi ogah turun langsung T_T

KUADRAN AKTIVITAS

Di kuadran aktivitas, saya mencantumkan “menulis” sebagai kegiatan pertama yang saya sukai dan saya kuasai. Berbahasa Inggris, akting, lalu belajar dan mempraktikkan ilmu parenting, serta megajar baik mengajar luring maupun daring, adalah hal-hal yang saya sukai dan saya kuasai.

Untuk hal-hal yang saya kuasai namun tidak saya sukai adalah memasak, beberes rumah, berdagang, menganalisa sesuatu secara detil, serta memegang uang orang lain. Saya bisa memasak, siapa bilang saya tak bisa. Hanya saja, saya tak suka. Untuk membereskan rumah… saya memilih untuk menyetrika setumpuk pakaian daripada harus menyapu, mengepel, atau merapikan rumah. Bukannya saya tak bisa, hanya tak suka. Menyetrika bisa dihitung hasilnya, merapikan rumah hasilnya tak kelihatan. Saya tak suka 😀

Dalam kuadran III, suka namun tidak bisa, saya mencantumkan hal “berbahasa asing lain selain bahasa Inggris”. Saya ingin sekali paham bahasa-bahasa asing itu agar tak perlu lagi menunggu subtittle keluar untuk bisa menonton drama, misalnya drama Jepang atau Cina. Sebenarnya saya juga ingin memasukkan “bisa membaca tulisan asing” tapi kok kayaknya kurang penting banget, ya? Memangnya saya mau jadi intel? ^_^

Crafing, menjahit, dan merajut juga merupakan hal yang ingin saya kuasai namun saya belum bisa menguasainya. Berulang kali saya belajar merajut sendiri, namun gagal. Sepertinya memang harus mencari ahlinya untuk mengajari saya merajut. Design interior juga hal yang saya sukai tapi belum bisa saya kuasai. Pelan-pelan saya ingin belajar tentang semua itu. Tak perlu buru-buru, hanya sekadar mengisi waktu luang saja.

Di kuadran terakhir, Tidak Suka dan Tidak Bisa, saya meletakkan “event organizing” di nomor 1. Saya tak suka dan akhirnya tidak berusaha untuk bisa menguasainya. Jika saya terpaksa masuk ke sebuah kepengurusan, biasanya saya tetap bekerja, sesuai apa yang diperintahkan pada saya. Berikutnya adalah menyapa orang asing. Mungkin karena saya adalah orang yang introvert, maka saat berjumpa dengan orang baru, saya tak bisa menyapa mereka terlebih dahulu. Menyapa orang asing buat saya lebih berat ketimbang mau nembak gebetan, hahaha. Bermain musik dan bernyanyi juga hal yang saya tak suka, juga tak bisa. Kalau ini karena tak bisa maka memilih tak suka, hehe.. Menghafal juga sulit buat saya. Dan saya memilih menyerah untuk suka maupun bisa menghafal.

~~~

Saya suka NHW#7 ini. Saya bisa lebih mengenal diri saya sendiri. Oh, ternyata saya tuh bisa masak tapi gak suka, ya. Saya ternyata memang gak suka dan gak bisa event organizing. Saya bisa dan suka menulis, yuk ah didalami.

Mengenal bakat juga merupakan tahap awal saya untuk menentukan langkah dalam ranah Bunda Produktif.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: