10 Nama Malaikat dan Tugasnya

29 Oktober 2015

Saya mau mandi pas Zimam manggil saya, pamer lagu baru yang dia pelajari dari sekolah baru-baru ini. Oya, buat yang belum kenal, Zimam adalah anak sulung saya. Well, anak saya baru satu sih, tapi karena dari gadis dulu memang pengen punya 7 anak, gapapa ya, saya bilang kalo Zimam ini adalah anak sulung saya? Hehehe…

Zimam pun memperagakan lagu tentang malaikat. Tapi dia lupa urutannya, dan nama sama saya. Waduh, saya juga gak hafal. Hahaha…

Langsung saja saya berburu buka google dan mencari nama-nama malaikat agar Zimam bisa melanjutkan lagunya. Dan inilah hasilnya: (saya cuma nyari urutan malaikatnya, lalu Zimam menyesuaikan dengan lagunya)

Nama-nama Malaikat Ada Sepuluh

Kesatu, Malaikat Jibril, tugasnya menyampaikan wahyu

Kedua, Malaikat Mikail, tugasnya mengatur hujan, angin, dan tumbuh-tumbuhan (mungkin maksudnya mengatur rejeki buat manusia, kali ya?)

Ketiga, Malaikat Israfil, tugasnya meniup terompet sangkakala

Keempat, Malaikat Izrail, tugasnya mencabut nyawa

Kelima, Malaikat Munkar, Keenam, Malaikat Nakir, tugasnya menanya di dalam kubur

Ketujuh, Malaikat Raqib, tugasnya mencatat amal baik

Kedelapan, Malaikat Atid, tugasnya mencatat amal buruk

Kesembilan, Malaikat Malik, tugasnya menjaga pintu neraka

Kesepuluh, Malaikat Ridwan, tugasnya menjaga pintu surga

Alhamdulillah, saya belajar lagi tentang nama-nama malaikat yang sempat saya lupakan, lewat Zimam. InsyaAllah ada banyak lagi pelajaran yang saya sontek dari pelajaran-pelajaran di TK Zimam ^_^

Aamiin..


美猫 – MiNeko – Beautiful Cat

25 Oktober 2015

neko chan

Seminggu yang lalu, kami menemukan bayi kucing di bawah roda tukang nasi goreng, kedinginan, kurus, berkutu, dan menyedihkan. Kami menamakannya MiNeko, artinya kucing yang cantik, walaupun Neko jauh banget dari tampilang cantik. Hahaha…

Rambutnya abstrak antara hitam, putih, dan pirang. Mungkin mamanya pirang, bapaknya hitam dan putih. Entahlah.Hahaha…

neko n zimam

Zimam memang sudah lama ingin punya kucing. Tapi dia maunya kucing yang tidak nginjek sampah. Hahaha. Makanya saya memutuskan mengadopsi Neko, karena kalau dididik sejak dini, kan gak bakalan nginjek sampah 😀

Neko ini termasuk picky. Dia gak mau masuk ke tempat-tempat yang gak dibolehkan. Pinter!!!

Biasanya setiap saya pulang kantor, Neko selalu mengeong-ngeong minta disuapi susu. Sore ini Neko tidur, sampe sekarang belum bangun. Jujur, saya khawatir. Tapi ART bilang, neko sudah disuapi dan sekarang tidur, agak lega.

Kangen juga gak dengar eongan Neko 🙂


Demam pada Anak

9 Oktober 2015

04.Kolase 3

Demam merupakan masalah yang sering menimpa anak kita dan tidak sedikit kita-kita sebagai orang tua mudah panik sehingga langsung ke dokter anak dan berharap agar cepat sembuh. Sebenarnya kalau kita tahu apa itu demam dan cara mengatasinya, tidak selalu kita harus ke dokter loh…

Apa itu Demam?

Demam adalah kondisi ketika suhu tubuh anak mencapai lebih dari 38*C dan prosesnya terdiri dari 3 fase, yaitu:
(1) menggigil sampai suhu tubuh mencapai puncaknya;
(2) suhu menetap; dan
(3) suhu menurun.

Demam juga merupakan mekanisme tubuh untuk melawan penyakit, karena suhu tubuh yang tinggi dapat membunuh virus (yang bisa meningkat jumlahnya pada suhu tubuh rendah). So better not to treat low grade fever.

Bagaimana bisa timbul Demam?

Peningkatan suhu tubuh ditimbulkan oleh beredarnya molekul kecil didalam tubuh kita yang disebut PIROGEN (zat pencetus panas). Zat ini juga berguna untuk mengerahkan sel darah putih ke lokasi infeksi dan terjadinya peningkatan pirogen ini bisa disebabkan karena:
1. Infeksi
2. Non Infeksi, seperti alergi, tumbuh gigi, keganasan, autoimun (adanya kesalahan “program” di dalam tubuh dimana organ tubuh kita disangka sebagai “musuh” dan diserang oleh sistem kekebalan tubuh kita sendiri), dll.

Diantara kedua penyebab diatas, demam lebih sering disebabkan karena infeksi, bisa oleh bakteri atau virus, dan sebagian besar (>75%), infeksi ini disebabkan oleh virus , terutama pada bayi dan anak .

Jadi bisa disimpulkan bahwa demam bukanlah suatu penyakit, melainkan suatu gejala, dan gejala tidak akan hilang apabila penyebabnya tidak ditangani. Makanya ketika anak diberikan obat penurun panas (tempra, panadol), dalam beberapa jam panasnya naik lagi, ini terjadi karena obat penurun panas tidak menyembuhkan penyakitnya.

Lalu apa dong gunanya minum obat penurun panas? gunanya adalah supaya menurunkan suhu tubuh, agar suhu tubuh tidak terus meningkat dan supaya anak merasa nyaman (pain killer), tetapi bukan untuk menormalkan suhu tubuh!

Kalau penyebabnya infeksi virus seperti pilek atau flu, obatnya hanya waktu dan beberapa pegangan di bawah ini. Jangan berikan antibiotik karena antibiotik tidak dapat membunuh virus.

CARA MENGATASI DEMAM
1. Minum air yang banyak karena demam dapat menyebabkan dehidrasi;
2. Kompres anak dengan air hangat. => Kok bukan dengan air dingin? karena apabila diberi air dingin, otak kita akan menyangka bahwa suhu diluar tubuh dingin sehingga otak akan memerintahkan tubuh untuk menaikkan suhunya dengan cara menggigil sehingga memproduksi panas. Akibatnya suhu tubuh anak bukannya turun, melainkan tambah panas.
3. Beri obat penurun panas, acetaminophen atau paracetamol seperti tempra, panadol, atau paracetol, tylenol, sesuai dosis (10-15mg/kgBB). Kapan obat penurun panas diberikan? Bila suhu di atas 38.5C, atau bila anak tidak nyaman. Sebaiknya jangan berikan obat demam apabila panasnya tidak terlalu tinggi (dibawah 38.5C)

Prinsip dalam menangani demam
Di bawah ini merupakan hal2 yg harus kita lakukan apabila anak demam seperti direkomendasikan oleh Mayo Clinic USA dan AAP (American Academy of Pediatrics):
– Cari tahu penyebab panasnya.
– Don’t panic! umumnya demam tidak membahayakan jiwa.
– Amati perilaku anak. Bila pada suhu tidak terlalu tinggi anak masih riang, aktif dan mau main, maka kita tidak perlu panik.
– Jangan memberikan obat penurun panas bila demam tidak tinggi.
– Mengetahui kapan harus cemas dan menghubungi dokter.

(from: milissehat)


Mitos apa Fakta, ya? Tentang ASI, nih!

6 Oktober 2015

Zee Usia 3 Bulan

1. ASI yang keluar pertama kali dan berwarna kuning itu harus dibuang karena rusak.

MITOS!!!

FAKTAnya, ASI kuning itu adalah kolostrum yang manfaatnya sangat besar untuk sistem imunitas bayi. Jangan dibuang, ya! berikan sepuasnya pada bayi.

2. Ibu dengan payudara kecil, ASInya kurang buat bayinya.

MITOS!!!

FAKTAnya, ASI tidak bergantung sama besar kecilnya payudara! Dikira payudara saya kayak punya Jupe, apa? Hahaha… Tapi toh tetap saja, Zee bisa minum ASI sampai usia 2 tahun dan dia menyapih dirinya sendiri!
Produksi ASI itu bergantung permintaan. Payudara kita lebih hebat dari dispenser akua. Bayi minta 200ml, maka payudara akan langsung memproduksi ASI sebesar 200ml. Bayi minta 500ml, segitu juga yang diproduksi sama payudara.

3. ASI yang encer kualitasnya tidak baik.

MITOS!!!

FAKTAnya, ASI terdiri dari 2 bagian, foremilk (ASI depan), dan hindmilk (ASI belakang). Foremilk mengandung lebih banyak gula ketimbang lemak, dan keluarnya duluan, serta bentuknya agak encer. Hindmilk mengandung lebih banyak lemak, keluar belakangan, dan bentuknya lebih pekat. Keduanya dibutuhkan oleh bayi. Gak ada ASI jelek selama itu keluar langsung dari pabriknya.

4. Bayi yang selalu menangis dan minta menyusu tandanya dia lapar karena ASInya gak cukup dan perlu tambahan susu formula.

MITOS!!!

FAKTAnya, bayi baru lahir (Newborn Baby) itu selalu mencari bau ibunya. Yah, bayangkan saja ya, 40 minggu ada di dalam perut ibu, hangat, nyaman, dan terdengar detak jantung ibu yang menenangkan, sekarang dia harus berjuang sendiri di dunia ini. Suara detak jantung ibunya hilang, dunia jadi lebih dingin. Jadi sebenarnya, NB itu nangis karena mencari suara detak jantung ibunya yang menenangkan dia. Gak selalu lapar sih, tidak juga berarti ASI kurang.
ASI juga selalu bisa dicerna oleh bayi, 100%! Sementara susu formula hanya 30%. Bayi setelah minum susu formula jadi tenang, bukan selalu berarti dia kenyang, tapi mungkin dia kehabisan energi karena perut kecilnya harus bejuang mencerna susu artifisial yang masuk ke perutnya.

5. ASI yang diperah dan disimpan akan berubah menjadi darah.

MITOS!!!

FAKTAnya, ASI tetap ASI. selama saya menyusui anak saya dalam 2 tahun pertama hidupnya, saya gak pernah melihat ASI perah berubah warna selain putih susu (kadang kekuningan, kadang kehijauan, tergantung apa yang saya makan). Jadi, jangan mau dikibulin lagi ya 😀

6. Bayi diare karena alergi ASI ibunya.

MITOS!!!

FAKTAnya, kecuali dokter mendiagnosa ibunya punya penyakit serius yang harus diobati sedang obat itu keras untuk bayi, bayi diare bukannya karena alergi ASI ibunya. Ingatlah, ASI itu sepaket sama bayi. Rejeki pertama dari Allah SWT. untuk setiap manusia.
Bayi diare ada dua kemungkinan, pertama, dia tidak diare, hanya fesesnya konsistensinya encer saja, bergerindil gitu, dan pup sering banget, kedua, benar-benar pup air.

Diare itu bila bayi benar-benar pup air tanpa ampas. Kalo masih ada ampas, bukan diare namanya. Dan bayi ASIX memang pupnya encer bergerindil. Wajar. Dan frekuensinya beragam, ada yang 14x sehari, sampai 14 hari sekali. Selama dia hanya minum ASI, dan tidak menunjukkan kesakitan, wajar.

Dan jika bayi memang pup cair tanpa ampas, maka yang perlu diobservasi adalah apa makanan ibunya, bukan ASInya. Bayi alergi pada makanan yang dimakan ibunya, bukan pada ASInya.

7. Bayi laki-laki minum ASI lebih banyak daripada bayi perempuan, sehingga perlu tambahan susu formula.

MITOS!!!

FAKTAnya, balik lagi, ya! Percaya Tuhan, kan? Percaya kehebatan Tuhan, kan? Percaya kalau Tuhan itu adil? 🙂
Maka harusnya kita percaya bahwa ASI itu sudah sesuai kualitas dan kuantitasnya untuk bayi. Baik bayi laki-laki ataupun perempuan, sudah pas, gak perlu ditambah-tambah atau dikurang-kurangi. Gak perlu tambahan susu formula, ya.

8. Jika bayi sakit, ibunya yang harus minum obat, nanti obatnya masuk ke ASI.

MITOS!!!

FAKTAnya, sang ibu harus meminum 100 dosis obat agar obat itu berpengaruh pada tubuh bayi. Jika bayinya yang sakit, ya dia yang harus minum obat, donk ^_^
Dan setelah minum obat boleh kok langsung nenen. Karena ASI bukan susu sapi yang (katanya) anti sama benda asing dalam tubuh termasuk obat. (kenyataannya, belum ada jurnal ilmiah akan hal ini, dan masih diperdebatkan). ASI sifatnya menyesuaikan kebutuhan bayi. Believe it ^_^

9. Setelah ibu keluar rumah, ASInya harus dibuang sedikit, karena ASi itu akan bikin bayi masuk angin.

MITOS!!!

FAKTAnya, bahkan MASUK ANGIN itu gak ada di dunia kedokteran (hehehe). ASI, selama masih di pabriknya (a.k.a. payudara ibu), akan selalu bagus, steril, dan sehat. Gak bakalan kemasukan angin, kok 😀

10. Jika ASI belum keluar setelah melahirkan, bayi boleh minum susu formula.

MITOS!!!

FAKTAnya, mitos ini adalah penyebab terbesar kegagalan pemberian ASI Eksklusif dan ASI lanjutan hingga 2 tahun!

Bayi punya cadangan lemak yang cukup untuknya bertahan selama 72 jam. Jadi, gausa buru-buru, tetap ajari bayi untuk nenen. Jika bayi dikasih susu formula via dot, nanti daya isap bayi pada payudara ibu akan berkurang, karena mengisap dot lebih mudah daripada mengisap puting ibu.
Jika daya isap bayi berkurang, akhirnya produksi ASI pun berkurang. Apa yang terjadi? Ya! ASI kering lebih awal.

Jadi jangan pernah mengenalkan bayi pada dot sebelum dia kenal payudara ibunya.

Ini dulu 10 MITOS tentang ASI yang beredar di sekitar kita, dan 10 FAKTA yang menyertainya.

yuk jadi ibu dan ayah yang cerdas dan gak gampang termakan MITOS. Kalau bukan kita yang melindungi anak-anak kita, siapa lagi?

Go ASI, Go Generasi Sehat Indonesia!!!


Keajaiban adalah Nama Lain dari Kerja Keras

6 Oktober 2015
Pic by Yeptirani

Pic by Yeptirani

Pernah dengar quote ini? Penggemar drama Korea pasti tau, ya kan? ^_^

Iya, ini adalah quote terkenal dari drama Korea “to the beautiful you” yang diperankan oleh Sully f(x) dan Minho Shine. Disadur dari dorama Jepang dengan judul Hanazakari no Kimitachi e Ikimen Paradise, yang juga dari komik (manga).

Ceritanya, Minho adalah atlet lompat tinggi yang menyerah, gak mau lagi lompat karena cidera ankle. Sully sebagai fans berat Minho, sampe ke Korea dan menyamar jadi siswa laki-laki untuk menyemangati Minho agar mau lompat lagi.

Ending adalah bahagia. Minho mau lompat lagi, Sully walau ketahuan bahwa dia perempuan dan dikeluarkan dari sekolah, tetap pacaran sama Minho. 🙂

Aku gak mau membahas jalan ceritanya ya… tonton sendiri aja ^_^ aku mau bahas quote-nya. Ini adalah quote terkenal dari Minho (Kang Taejoon, kalo gak salah, nama di sana). Bahwa dia jadi atlet terkenal ini karena keajaiban. Ya, keajaiban yang dimaksudnya adalah kerja keras.

Dan memang begitu! There is no miracle! Miracle is the other name of hard effort.

Aku suka banget quote ini. Beneran!! Hahaha…

Kalo aku lagi males, tapi punya mimpi yang tinggi, aku akan ingat quote ini.

Teman-teman punya quote lainnya? 💖