Selamat Ulang Tahun Pertama, Zee

30 Oktober 2011

26. Ulang Tahun 1 Zee

Gak terasa, Zimamku sudah setaun usianya ^_^
Begitu banyak cerita, suka dan duka. Begitu banyak ilmu yang dipelajari oleh aku dan Ayah Zee dalam bangku sekolahan orang tua ini. Dan akan lebih banyak lagi yang akan dan harus kami pelajari!

Untuk Zimamku sayang…
Danda berdoa agar kamu tumbuh sehat, dan ceria. Danda berdoa supaya kamu tumbuh menjadi anak yang bermanfaat bagi lingkunganmu. Danda berdoa supaya kamu jadi anak yang sholeh, takut pada Allah S.W.T. Tuhanmu. Supaya kamu mencintai Muhammad S.A.W. Nabimu. Supaya kamu bangga menjadi seorang muslim dan menyebarkan berita suka cita serta kebenaran ke sekelilingmu.
Danda berdoa supaya kamu tumbuh menjadi manusia yang menghasilkan suatu kebaikan yang membuat namamu akan terus dikenang manusia-manusia yang hidup setelahmu, bahkan setelah kematianmu.
Danda berdoa supaya kamu tumbuh menjadi manusia ahli surga dan dapat membawa kedua orang tuamu ke surga sehingga kita dapat berkumpul kembali di sana.

Zimam,
Tidak ada yang dapat membahagiakan hati seorang ibu selain melihat anaknya bahagia di dunia dan di akhirat. Karena itu, Danda berdoa semoga Allah S.W.T. akan selalu membimbing tanganmu, dan janganlah engkau melepaskan bimbingan itu, sayang. Agar kamu bahagia di dunia dan akhirat, seperti yang Danda harapkan.

Ayah dan Danda sangat sayang sama Zimam. Zimam adalah titipan dari Tuhan yang mesti Ayah dan Danda jaga dengan baik. Semoga Ayah dan Danda dapat mengemban tanggung jawab ini dengan baik. Amiinn…


Pelajaran 2: Varisela

27 Oktober 2011

Pelajaran belum berakhir. Kali ini adalah edisi cacar air.

Orang tua mana yang gak sedih liat anaknya yang biasanya ceria, tiba-tiba jadi lesu?

Seminggu yang lalu, Zee demam. Sebelumnya memang aku melihat bentolan berair di daerah popoknya, aku pikir itu ruam popok, tapi kok demam?

Ternyata diagnosa dokter adalah cacar air alias varisela.

Baca entri selengkapnya »


Belajar, Belajar, dan Belajar!!!

25 Oktober 2011

Wow, akhir-akhir ini aku bener-bener dituntut banyak belajar untuk jadi orang tua, istri, dan manusia yang lebih baik lagi.

Menjelang 1 tahun Zee, ada banyak banget kejadian yang bikin aku insomnia kalau malam.

– Zee ketahuan anemia defisiensi besi.
– Air mati kalo malem n subuh gak bisa cuci-cuci subuh-subuh T_T
– ruam popok parah melanda Zee.

Gak jarang aku n ayah Zee jadi bertengkar karena pelajaran ini. Aduh..
Tapi semuanya pasti ada hikmahnya, tinggal mencari saja..


Pelajaran 1: Anemia Defisiensi Besi

23 Oktober 2011

Beruntung aku bergabung sama Milis Sehat, sehingga aku belajar banyak soal kesehatan anak dan bagaimana penanganan di rumah (home treatment/HT) saat anak sakit.
Salah satu hasil belajarku adalah Zat Besi pada Anak.

Alkisah, bayi ASIX (yang gak ngerti ASIX, ASIX itu istilah keren dari ASI eksklusif 6 bulan), rentan mengalami anemia defisiensi besi karena sejak usia 4 bulan, biasanya zat besi dalan ASI sudah tidak cukup lagi untuk memenuhi kebutuhan zat besinya. Makanya, biasanya, dokter akan meresepkan suplemen zat besi dalam dosis pencegahan (dulu Zee dapet 2×0,3ml sangobion drops per hari) sampai si bayi dapat MPASI tinggi zat besi (daging merah di minggu kedua MPASI-nya).

Nah, kadang, seiring berjalannya waktu, si bayi ini gak menyerap zat besi dalam makanannya dengan baik sehingga dia mengalami anemia defisiensi besi, alias anemia karena kekurangan zat besi.

Makanya, pas anak berusia 12 bulan, sangat dianjurkan agar orang tua memeriksa keadaan zat besi anaknya yang istilah kerennya adalah: skreening zat besi.

Baca entri selengkapnya »


Simple Kabocha Pancake

11 Oktober 2011

Simple Kabocha Pancake

Baca entri selengkapnya »


Rokok itu Cuma Ada Satu

6 Oktober 2011

Kita yang berhenti, atau Rokok yang akan menghentikan kita.