Selebrasi Bunda Cekatan Batch 2

8 Agustus 2021

PicsArt_08-06-09.17.24

Assalamualaikum, Syari di sini.

Tiba saatnya selebrasi, yeay… !!!

Seluruh mahasiswi Bunda Cekatan diwajibkan mempersembahkan sesuatu untuk bang dan negara dalam bentuk apa pun. Boleh Live Action, video, podcast, dan lain-lain.

Awalnya saya akan berduet dengan rekan seregu untuk mengadakan live IG. Namun ternyata jadwal kami tidak sama, akhirnya kami berpisah. Hehe.

Lalu saya berniat membuat video. Namun setelah dipikir-pikir, dan setelah beberapa video dibuat, akan lebih baik jika mengadakan kuliah daring. Tapi waktunya mepet, gimana, donk?

Setelah berkonsultasi dengan Ketua HIMA Regional Jakarta, akhirnya saya mengadakan kulgram, alias kuliah telegram.

PicsArt_08-07-08.36.01

Kulgram tersebut telah dilaksanakan semalam, tetapi masih dapat dipelajari ilmunya. Jika teman-teman ingin bergabung, masih bisa, kok. Silakan masuk ke bit.ly/KulgramMenulisBahagia …

Teman-teman juga masih bisa mengajukan pertanyaan di kulgram tersebut. Saya tetap akan menjawabnya meskipun jadwal kulgram telah selesai 🙂

PicsArt_08-07-09.27.26

Beberapa teman telah bergabung semalam, dan mengikuti kulgram tersebut bersama saya. Alhamdulillah. Senangnya berbagi.

Kulgram ini sama sekali jauh dari sempurna. Masih banyak orang lain yang lebih baik dari saya. Namun, saya masih bersemangat untuk berbagi.

PicsArt_08-07-09.27.46

Terima kasih, Bunda Cekatan. Dengan mengikuti perkuliahan di Bunda Cekatan, saya berkesempatan mengenal diri saya lebih jauh. Cara belajar saya, juga apa yang ingin dan perlu saya pelajari.

Tahap selanjutnya adalah Bunda Produktif. Untuk ini, saya baru akan mengikuti tahapan ini jika masa kuliah saya di Magister Akuntansi UI telah selesai. Hehehe.

Mohon doanya. Terima kasih.

#institutibuprofesional
#hutankupucekatan
#selebrasibundacekatanbatch2


Pekan #8: Aliran Rasa

30 Juli 2021

PicsArt_07-29-06.29.42

Assalamualaikum, Syari di sini.

Sudah sampai di penghujung acara, nih. Pekan kedelapan Tahap Kupu-kupu, yang juga artinya pekan terakhir di Bunda Cekatan. Alhamdulillah, saya sampai juga di sini.

Pekan ini saya diajak menulis aliran rasa tentang tujuh pekan mentorship. Selama mentorship, memiliki mentor yang sevisi adalah hadiah. Dan itu membuat saya bahagia. Terima kasih mentorku, telah memahami aku apa adanya. InsyaAllah ilmu mentorship tetap akan diterapkan selepas Bunda Cekatan selesai.

Apalagi yang membuat saya bahagia?

Hm… Secara keseluruhan proses pembelajaran pada Bunda Cekatan membuat saya bahagia. Karena pembelajarannya disesuaikan dengan waktu yang saya miliki. Juga disesuaikan dengan peta belajar saya.

Hal tersebut pula lah yang membuat saya masih bertahan sampai di Tahak Kupu-kupu ini. Media pembelajaran yang atraktif serta keluarga grup yang dinamis. Semua mendukung saya untuk tetap bertahan.

PicsArt_07-29-06.47.58

Setelah tahap Bunda Cekatan, insyaAllah ada tahapan Bunda Produktif. Walaupun saya belum yakin apakah akan langsung masuk dan belajar di Bunda Produktif, tetapi semangat untuk terus belajar itu tetap ada.

Terima kasih Institut Ibu Profesional. Terima kasih tim Bunda Cekatan.

#InstitutIbuProfesional
#HutanKupuCekatan
#TahapKupukupu
#mentorshippekan8
#aliranrasabuncek2


Pekan #7: Apresiasi

25 Juli 2021

PicsArt_07-24-10.15.57

Assalamualaikum, Syari desu.

Ini pekan ketujuh, ya? Alhamdulillah ^^

Di pekan ini, mahasiswa diajak mewarnai, hehehe. Bahkan Abang Zi yang melihat saya mewarnai kupu-kupu ini berkata: Danda kok kayak anak-anak? mewarnai gambar? Hehehe.l

Gambar kupu-kupu ini menunjukkan suasana hati saya saat ini. Inilah versi terbaik saya. Penuh warna. Saya tidak akan membiarkan hidup saya gloomy, karena saya lah yang memiliki hidup saya.

PicsArt_07-24-10.00.41

Selain itu, mahasiswa juga diajak untuk menilai kemajuan mentor dan mentee. Karenanya, saya menilai mentor dan mentee saya. Kami merayakan kemajuan bersama-sama.

PicsArt_07-24-10.12.50

Pekan ketujuh ini diisi dengan perayaan atas kemajuan masing-masing. Senang rasanya bila kemajuan kita diapresiasi ^^.

#institutibuprofesional
#hutankupucekatan
#tahapkupukupu
#mentorshippekan7
#terimakasihmentor
#terimakasihmentee


Pekan 6: Terus Maju

18 Juli 2021

PicsArt_07-18-11.18.07

Assalamualaikum, Syari di sini.

Sudah masuk pekan keenam, ya… Di pekan ini saya diajak untuk fokus pada kemajuan saya dan menulis catatan harian tentang itu. Wah, ternyata catatan hariannya beda. Alih-alih menulis dengan kata, saya diajak menulis dengan gambar. Hehehe.

PicsArt_07-18-09.51.02

Pertama, saya diajak untuk mencatat kesuksesan tiap hari serta aliran rasa pekan keenam. Kemudian saya diajak menggambarkan setiap haru di pekan keenam ini melalui gambar.

Karena instruksinya dimulai dari hari Selasa, maka begitulah saya memulainya. Hari Selasa saya gambarkan seperti Kopi Cocopresso. Kopi dengan campuran air kelapa dan irisan jeruk. Rasanya pahit, manis, segar jadi satu. Dan, Cocopresso ini adalah varian kapi favorit saya. Hehe.

Rabu saya gambarkan seperti bungan matahari, karena hari itu memang terang dan terik. Cucian kering dalam waktu sejam saja, hehe. Kemudian hari Kamis saya gambarkan seperti Silverqueen Almond. Lagi-lagi ini adalah varian coklat favorit saya. Tidak terlalu manis dan ada kacang almonnya. Saya suka kacang almon.

Hari Jumat saya gambarkan seperti beruang kutub. Hari itu hujan dari pagi sehingga saya ingin sekali bergelung di dalam selimut, hehe. Dan terakhir hari Sabtu, saya gambarkan sebagai binatang kancil. Karena hari itu saya “lincah” sekali. Hehehe.

PicsArt_07-18-01.04.40

Selain itu, mentor saya menggambarkan saya sebagai bunga Poinsettia. Bunga ini memiliki makna sebuah pemberian semangat dan kesuksesan. Rupanya begitulah mentor saya memandang saya. Sedangkan saya menggambarkan mentor saya sebagai bunga dandelion. Bunga yang kuat, mudah beradaptasi, walau pun untuk itu, harus berkorban. Dandelion adalah bunga yang tangguh.

Untuk testimoni tentang diri saya pekan ini, jujur, saya bertanya pada Abang Zi. Dia tak banyak membantu, hahaha. Namun, testimoninya jujur. Hehe.

Demikianlah pekan keenam ini saya lewati. Sampai jumpa di pekan ketujuh. ^^

#InstitutIbuProfesional
#HutanKupuCekatan
#TahapKupuKupu
#MentorshipPekan6


Pekan #5: Check Progress

9 Juli 2021

PicsArt_07-09-09.37.26

Assalamualaikum, Syari imnida…

Pekan ini waktunya untuk mengecek progress mentoring bersama mentor.

Karena sudah diberikan contoh borang pengecekan, saya menggunakan borang tersebut untuk menulis seberapa jauh progres mentoring saya. Kemudian, progres tersebut saya setorkan pada mentor, dan kami pun membahasnya bersama.

Alhamdulillah, perkembangan mentoring saya menunjukkan hasil yang baik. ^^

PicsArt_07-08-03.58.46

Proses mentorship ini bagaikan panduan untuk saya dalam mengembangkan diri. Dengan bantuan mentor, saya dapat menjalani apa yang jadi fokus hidup saya saat ini. InsyaAllah, tahap kupu-kupu ini dapat memberi manfaat bagi saya dan hidup saya. Aamiin.

#InstitutIbuProfesional
#HutanKupuCekatan
#TahapKupukupu
#MentorshipPekan5


Pekan #4: Check In

2 Juli 2021

PicsArt_06-29-08.37.04

Assalamualaikum, Syari desu.

Pekan ini mahasiswa Bunda Cekatan diminta untuk merenung. Apakah mentorship yang dipilih sudah sesuai dengan keinginan hati. Juga diberi kesempatan untuk berganti mentor jika diinginkan. ^^

PicsArt_07-02-11.01.48

Proses perenungan yang saya lakukan tidaklah sebentar. Proses perenungan itu melibatkan mentor saya juga. Dan hasilnya, saya memutuskan untuk tetap menjadi mentee dari mentor saya dan tidak ganti mentor.

Bersama, kami akan melewati tahap kupu-kupu ini dengan bersemangat ^^

#InstitutIbuProfesional
#HutanKupuCekatan
#TahapKupukupu
#MentorshipPekan4


Pekan #3: Strategic Planning

27 Juni 2021

Assalamualaikum, ini Syari…

Hari ini saya mencoba menulis jurnal lewat aplikasi wordpress di tablet Cerveau. Biasanya saya menulis lewat aplikasi Open Live Writer di Laptop. Namun kali ini, Laptop saya masuk rumah sakit dan masih belum keluar, jadi, ya… coba platform lain deh. Semoga nyaman, hehe.

Pekan ini temanya adalah membuat rencana. Entah bagaimana, saya menulisnya dengan “Strategic Planning” hahaha. Penyusunan rencana dimulai dengan menyusun skala prioritas, yang mana yang akan dilakukan terlebih dahulu.

Selanjutnya, menyusun tujuan belajar. Sengaja, biar belajarnya nggak ke mana-mana. Hehehe.

Terakhir adalah menentukan deadline. Aduh, yang ini bikin deg-degkan, beneran. Hahaha.

Nah, setelah semua rencana tersusun rapi, saya harus menyetorkannya kepada mentor saya. Mentee saya juga telah menyetorkan rencananya. Dan sudah saya tantang untuk berkembang berdasarkan rencana yang ia susun sendiri.

Semoga lancar, ya… ^_^

#InstitutIbuProfesional
#HutanKupuCekatan
#TahapKupukupu
#MentorshipPekan3